Minggu, 28 Februari 2016

Tips dan Trik Memperbesar Pengapian Dengan Sederhana

Tips dan Trik Memperbesar Pengapian Dengan Sederhana - Pengapian pada sepeda motor anda lemah ? atau biasa - biasa saja ? Anda mempunyai modal sedikit ? tentu saja bisa. dengan modal yang sedikit anda bisa melakukan modifikasi memperbesar pengapian dengan sederhana. Nah, pernahkan anda mengetahui kapasitor 4.7 uF ? untuk sepeda motor yang masih standar cukup dengan menggunakan 4.7 uF. Nah, bagi anda yang ingin menggunakan kapasitor yang lebih besar lagi agar suplay apinya lumayan cukup besar tentu saja boleh. Namun harus mengikuti dengan menaikkan angka dari spuyer. Hal ini agar mencegah piston tidak blong akibat pengapian yang kering.

 Apakah anda tau dengan kapasitor ? Ya kapasitor ialah benda elektronik yang berada di tv, radio, tape dan juga lain - lain. Ukuran pada kapasitor ini tidak terlalu besar dan memiliki 2 kaki, yakni kaki negative dan kaki positif. Harga kapasitor ini juga tidak terlalu mahal untuk anda beli. Lalu bagaimanakah cara uintuk menambah pengapian CDI ke Coil ? Berikut kami berikan tips dan triknya.

  Cara Memperbesar Pengapian Pada Coil :

Cara memasang benda tersebut cukup mudah dan pastinya pun anda bisa, yakni cukup menyambungkan kabel dari CDI ke Coil dengan menggunakan kaki negative dan positif yang berfungsi sebagai aliran arus listrik dari kapasitor ke coil. Nah, bagi anda yang masih bingung berikut kami berikan contoh pada sepeda motor RX King yaitu pada kabel komponen CDI ke Coil warna Orange. Arus dari CDI ke coil akan di salurkan terlebih dahulu ke kaki negatif kapasitor dan sementara kaki positif kapasitor meneruskan aliran arus dari kapasitor ke coil.

Lantas bagaimanakah cara untuk melakukannya ? Bisa dengan cara memutus kabel orange untuk di sambungkan ke kaki negatif kapasitor atau anda juga bisa melepas nya terlebih dahulu soket kabel orange yang berada di bagian coil untuk di sambungkan dengan menggunakan kapasitor. Perlua anda ingat juga bahwa kaki negatif kapasitor ke arah CDI dan kaki positif kapasitor ke arah coil.

 Cara Memperbesar Pengapian Dengan Groud Step :

Seperti yang anda ketahui sendiri bahwa teknik tersebut ialah untuk menambah atau memaksimalkan kinerja coil. Tujuan dari Groud Strap yakni untuk meredam distorsi dan frekuensi liar dari sepanjang kabel busi. Ya, hal tersebut karena kabel busi yang di hasilkan oleh coil memiliki tegangan tinggi.

Langkah - Langkah membuat Groud Strap :

Pada langkah pertama anda siapkan terlebih dahulu bahan - bahan di bawah ini.
  • Kabel Tembaga
  • Solasiban 
Setelah bahan sudah anda siapkan, mari kita lanjut ke cara pembuatannya.
  1. Langkah pertama yaitu buka terlebih dahulu coil
  2. Jika kabel tembaga masih terbungkus rapih, anda bisa mengupas terlebih dahulu bungkusnya
  3. Langkah selanjutnya yaitu lilitkan rapat si sepanjang kabel busi
  4. Pada ujung yangs satu anda buat untuk di masa (buatlah dudukan coil)
  5. dan selanjutnya pada ujung satunya lagi jangan terlalu dekat ke busi
  6. Setelah semua selesai bungkus lagi dengan emnggunakan solasiban. 
Jika anda masih bingung anda bisa lihat gambar di bawah ini :
Nah, itulah cara sederhana untuk memperbesar pengapian secara sederhana. Semoga info di atas bermanfaat dan bisa menambah wawasan tentang dunia otomotif. Terimakasih.