Senin, 25 April 2016

Cara Mudah Memperbaiki Aki Basah Yang Soak

Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Soak - Semakin melambungnya harga aki baik itu aki kering maupun aki basah membuat banyak orang kemudian mencari cara maupun solusi di kala mengalami kerusakan aki motor atau mobil mereka daripada membeli yang baru. Bagi anda yang kebetulan tengah mengalami masalah pada aki motor maupun mobil mungkin tutorial singkat berikut ini bisa menjadi solusi bagi anda. Berikut cara memperbaiki aki basah yang bisa anda praktekkan dan dijamin berhasil.

Untuk memperbaiki aki basah yang sudah soak sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah siapkan dahulu bahan dan alat-alatnya, di antaranya adalah Aki Basah yang sudah mati, Air Mineral 400 ml, Air Zuur 200 ml, air PDAM atau Air sumur yang penting jernih dan bersih, Tutup untuk menyumbat lubang fentilasi aki atau bisa menggunakan selang fentilasi aki yang dipotong sekitar 2 atau 3 cm, dan salah satu ujungnya dibakar lalu direkatkan, dan Obeng minus.



Sebelum eksekusi memperbaiki aki basah dimulai, sebaiknya pilihlah aki yang kotoran atau endapan sel aki yang rontok tak terlalu banyak,kira-kira 2 hingga 3 cm dari bawah aki, pasalnya kotoran sel yang banyak pasti akan sangat susah dibersihkan selain itu selnya pasti sudah banyak yang bolong. Untuk itu pilihlah aki yang masih bagus struktur selnya, tidak patah, melengkung maupun berlubang. Jika aki kondisi selnya tak rusak parah presentase bisa hidup kembali sekitar 90%.

Langkah pertama memperbaiki aki basah yakni buka penutup aki lalu buang air aki di dalamnya, isi dengan air biasa tapi jangan menggunakan air panas lebih dari 400 C, tutup lagi aki dengan erat serta fentilasi udara, lalu bolak-Balik aki terus menerus hingga kotorannya hilang, jika sudah bersih buka penutup aki lalu buang airnya. Diamkan dengan membalik aki dengan posisi lubang aki dibawah selama 5-10 menit. Isi aki dengan campuran 400 ml air mineral dengan 200 ml air ZUUR. Kemudian pasang di mobil atau motor lalu gunakan jalan-jalan 2 hingga 3 jam. Selamat mencoba.


Memperbaiki Aki Basah sebenarnya cukup mudah dilakukan, oleh karena itulah kenapa sekarang ini banyak orang yang lebih memilih memperbaiki aki mereka daripada membeli yang baru.