Rabu, 11 Mei 2016

Cara Lepas Dan Pasang Rantai Keteng Pada Sepeda Motor

Cara Lepas Dan Pasang Rantai Keteng Pada Sepeda Motor - Umumnya, mesin sepeda motor 4 tak sudah menggunakan rantai keteng untuk menghubungkan putaran poros engkol. Atau dalam dunia otomotif biasa disebut dengan kruck as pada bak mesin dengan noken as pada kop silinder. Namun tidak semua motor 4 tak menggunakan rantai keteng. Misalnya saja pada motor honda CG yang masih memakai push rod. Untuk pemasangan rantai keteng sendiri tidak boleh asal pasang, karena harus pas top atau timingnya. Bagi anda yang ingin mencobanya sendiri berikut kami sajikan cara lepas dan pasang Rantai Keteng sepeda motor. 


  • Melepas Rantai Keteng 
Sebelum anda membongkar mesin kendaraan, pastikan terlebih dahulu letak kerusakannya. Apakah bunyi yang ditimbulkan pada rantai keteng akibat rantai kendor, setelan otomatisnya kendor, atau kurang tenaga untuk mendorong tensioner. Cara pertama untuk melepas rantai yaitu dengan membuka tutup tanda top pada bak magnet. Setelahnya buka tutup gigi pada kop silinder. Selanjutnya buka tutup klep, pastikan mesin dalam keadaan posisi top. Barulah lepas bak magnet, gear stater, baut gear timing, penekan rantai keteng, dan terakhir rantai keteng. Cara lepas dan pasang Rantai Keteng sepeda motor harus benar-benar teliti agar tidak ada komponen yang terlewat.
  • Memasang Rantai Keteng
Sebelum memasang kembali rantai keteng pastikan posisi mesin dalam keadaan top. Barulah pasang kembali rantai, magnet, dan komponen lain serta jangan lupa kencangkan bautnya. Setelah lepas dan pasang Rantai Keteng sepeda motor selesai, cek setelan klep pada top. Jika pemasangan rantai tidak pas, maka mesin akan susah dihidupkan. Kalaupun bisa hidup mesin akan berbunyi tidak normal. 

Parahnya, jika anda salah maka klep akan mengalami bengkok. Untuk itu pada saat pemasangan kembali rantai keteng harus benar-benar teliti. Jika klep bengkok, anda harus menggantinya dengan yang baru dan harus membayar ongkos mekanik bengkel. Maka cara lepas dan pasang Rantai Keteng sepeda motor harus diperhatikan dengan cermat. Jangan sampai ada yang terlewat supaya anda tidak perlu mengeluarkan dana tambahan. 


Lepas dan pasang rantai keteng sepeda motor harus dilakukan dengan teliti agar klep tidak bengkok.