Kamis, 12 Mei 2016

Cara Membuat Charger Aki Sepeda Motor

Cara Membuat Charger Aki Sepeda Motor - Aki merupakan salah satu komponen penting dalam sepeda motor. Karena jika aki motor mati maka sistem kelistrikan pada motor tidak berjalan semestinya. Pada sepeda motor injeksi, aki berfungsi untuk membangkitkan listrik pada ECU. Jika aki motor tekor maka sitem ECU serta perangkat lain seperti lampu sein dan klakson tidak bekerja maksimal. Sebelum hal itu terjadi lebih baik charger ulang aki pada kendaraan. Aki mempunyai lebih dari satu sel atau dikatakan sumber energi listrik dengan elemen ganda. Lalu apakah kita dapat membuat charger aki sepeda motor sendir?

Cara pengisian aki cukup mudah, anda tinggal memasang kutub positif charger ke positif aki. Begitu pula dengan kutub negatifnya. Pengisisan aki tidak membutuhkan arus besar, cukup sesuaikan dengan spesifikasi yang tertera pada aki. Komponen dasar dalam membuat charger aki sepeda motor adalah dioda serta trafo sebagai penurun tegangan listrik. Disamping itu anda juga membutuhkan elektrolit kondensator, ampere meter, fuse, kabel tunggal serabut, serta jepitan aki kecil. Untuk alatnya anda memerlukan solder dan tang potong. 



Sebenarnya cas aki sudah banyak dijual di pasaran, tapi harganya tergolong cukup mahal. Dengan membuat sendiri pastinya anda dapat lebih hemat. Kita dapat Membuat Charger Aki Sepeda Motor dengan adaptor dengan ukuran 3-5 ampere. Namun, anda harus membongkar dan memodifikasinya sedikit. Jangan menggunakan keluaran adaptor langsung untuk mengecas aki karena output dari adaptor biasanya sudah mendekati arus rata dengan tegangan hampir sama dengan aki. Sebenarnya bisa langsung digunakan akan tetapi akan sangat lambat untuk mengisi aki. 

Bongkar adaptor dan ambil tegangan positifnya setelah dioda bridge. Namun pastikan tegangannya tidak melebihi 18 volt. Bahan yang telah disiapkan kemudian dirakit dan lengkapi dengan sistem pemutus arus otomatis menggunakan relay. Jadi jika aki motor sudah penuh, pengisian akan secara otomatis berhenti. Demikian informasi mengenai cara membuat charger aki sepeda motor, semoga bermanfaat bagi anda.


Membuat charger aki sepeda motor dapat dengan mudah anda lakukan sendiri menggunakan bahan dan alat sederhana.