Senin, 20 Juni 2016

Cara Memasang Timing Gear Satria FU 150cc Dengan Tepat

Cara Memasang Timing Gear Satria FU 150cc Dengan Tepat - Suzuki Satria FU 150 merupakan salah satu produk sepeda motor jenis bebek dengan teknologi cukup canggih. Dengan memiliki 4 katup dan dua buah noken as, menjadikan motor ini lebih kencang di kelasnya. Dalam ukuran motor bebek, mesin Satria FU tergolong rumit. 

Mesin ini mengadopsi sistem DOHC dan karburator vakum. Namun, dibalik kecanggihan sistem permesinan FU banyak yang kurang begitu paham mengenai pemasangan komponen mesin. Salah satunya adalah memasang timing gear Satria FU 150cc. Timing gear atau noken as merupakan ciri khas dari DOHC. Cara setting noken as pun cukup rumit. Bagi anda yang mengalami kesulitan, dapat menyimak artikel berikut ini.



Setiap motor 4 tak dan menghasilkan tenaga dua kali lebih besar, membutuhkan ketepatan dalam pemasangan timing gear. Noke as atau timing gear berfungsi membuka dan menutup katup klep yang berada pada kepala silender. Apabila ada kesalahan memasang timing gear Satria FU 150cc akan mengakibatkan permasalahan pada motor anda. Misalnya mesin susah hidup atau bahkan bisa mengakibatkan klep patah. Maka anda harus teliti dan hati-hati dalam memasang timing gear atau noken as.
Cara Pasang Timing Gear Dengan Benar

Sebelum anda memasang timing gear Satria FU 150cc, sebaiknya siapkan peralatan perbengkelan anda terlebih dahulu. Langkah pertama adalah posisikan piston pada titik mati atas. Anda dapat mengeceknya pada blok mesin sebelah kiri, pastikan tanda T segaris dengan tanda garis yang ada. Kemudian pasang klep buang (noken as exhaust) dan sesuaikan dengan angka 1 di bibir kepala silinder. Lihat angka 2 di bagian atas sebagai patokan. Hitung dari angka 2 sampai angka 3 di noken as intake. Setelah itu pasang komponen lainnya. 


Pastikan juga kondisi klep mesin tidak bocor dan sudah benar-benar rapat. Saat memasang timing gear Satria FU 150cc sebaiknya cek kembali settingan noken as apakah sudah benar-benar tepat. Semoga informasi tersebut dapat membantu anda yang sedang kesulitan memasang timing gear Satria FU 150cc. 
Memasang timing gear Satria FU 150cc dapat anda kerjakan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel otomotif.