Senin, 20 Juni 2016

Cara Mengatasi Rantai Keteng Berisik Satria Fu

Cara Mengatasi Rantai Keteng Berisik Satria Fu - Rantai keteng atau timing chain atau sering juga disebut rantai kamprat. Fungsi dari rantai keteng yakni untuk menggerakkan chamshaft pada cylinder head setelah menerima putaran dari crankshaft. Rantai kamprat memang sering mengalami gangguan, seperti rantai kendur atau mengeluarkan suara berisik. Rantai keteng berisik sering dijumpai pada sepeda motor Satria FU. Kalau rantai kamprat bersuara berisik pasti akan mengganggu performa kerja mesin. Lalu bagaimana cara mengatasi rantai keteng berisik Satria FU? Berikut beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut. 

Sebelum membahas cara mengatasi rantai keteng berisik Satria FU, perlu diketahui jika rantai keteng berperan mengatur beberapa klep di mesin. Klep tersebut terdiri dari klep untuk gas masuk maupun yang keluar ke ruang bakar mesin. Sehingga bila rantai tersebut rusak, proses buka tutup klep dan pembakaran tidak sempurna. Rantai keteng pada Satria FU yang sudah berumur 5 tahun akan mengalami aus. Selain itu beberapa perlakuan salah juga dapat memicu terjadinya kerusakan. 



Beberapa perlakukan salah tersebut antara lain suhu mesin yang kerap panas melebihi standar, putaran mesin tinggi karena sering untuk balapan, dan terlambat mengganti oli. Hal tersebut dapat memicu rantai kendur dan berakibat pada timbulnya suara berisik. Bahkan yang terparah bisa sampai putus rantainya. Sebelum mengatasi rantai keteng berisik Satria FU, cek terlebih dahulu apakah suara berisik benar berasal dari rantai. Caranya mudah, panasi mesin motor dan dengarkan apakah suara berisik tersebut seperti tek tek tek. Jika dalam 15 menit suara hilang, maka yang bermasalah adalah proses pelumasan oli. 

Terkadang suara berisik timbul karena masalah tensioner. Jika iya, anda cukup mengatur ketegangan pada bagian tensioner. Untuk mengatasi rantai keteng berisik Satria FU, anda harus melakukan pemeriksaan secara rutin minimal setahun sekali. Disarankan juga untuk rutin mengganti oli mesin secara rutin dan tepat waktu. Bila anda ragu untuk melakukan sendiri, anda bisa pergi ke bengkel terdekat.


Mengatasi rantai keteng berisik satria FU dapat dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan mesin secara rutin.