Sabtu, 02 Juli 2016

Cara Alternatif Memperbaiki Coil Motor Yang Rusak

Cara Alternatif Memperbaiki Coil Motor Yang Rusak - Coil atau koil pada sepeda motor berfungsi untuk menaikkan tegangan dari aki. Tegangan dari aki yang besarnya hanya 12 volt dapat dinaikkan menjadi 18000 volt. Tegangan setinggi inilah yang nantinya akan disalurkan ke busi dan digunakan sebagai pematik api pada ruang bakar sepeda motor. Oleh karena itu, coil mempunyai peranan sangat penting. Apa yang terjadi jika coil mengalami kerusakan? Apa saja gejala yang muncul? Lalu adakah cara alternatif memperbaiki Coil motor yang rusak?


Indikasi Apabila Coli Mengalami Kerusakan

Sebelum mencari tahu mengenai cara alternatif memperbaiki coil, ada baiknya kita mengenal gejala yang muncul saat kondisi koli mulai melemah. Gejala pertama adalah berkurangnya umur busi. Meskipun sudah diganti dengan busi baru namun tetap cepat rusak. Gejala kedua adalah kondisi mesin brebet saat suhu sudah panas. Tapi saat mesin dalam kondisi dingin tetap berjalan normal. Pada saat kondisi mesin panas dan mengalami brebet, lama-lama mesin akan mati. Dan setelah mesin dingin, kondisi mesin normal jika anda hidupkan kembali. Gejala selanjutnya adalah terjadi pengurangan jarak pada saat dilakukan pengecekan loncatan arus listrik.

Jika ketiga hal tersebut anda temukan pada motor anda, dapat dipastikan coil/koli mulai melemah atau bisa jadi rusak. Maka dari itu, anda harus segera menggantinya. Namun dalam kondisi darurat, ada cara alternatif memperbaiki Coil yang dapat anda coba. Pertama, untuk menjaga coil tetap dingin bisa anda bungkus dengan kain basah. Cara ini terbukti efektif jika anda menggunakan motor pada jarak dekat. Jika anda ingin bepergian jauh, maka jangan lupa sediakan stok air.

Kita juga dapat merapatkan celah busi dengan tujuan untuk memperkuat arus yang masuk ke dalam busi. Dan pastikan komponen terpasang sebelum coil bekerja dengan normal. Demikian tips singkat mengenai cara alternatif memperbaiki Coil sepeda motor yang rusak. Semoga tips tersebut dapat memberikan manfaat bagi anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil memperbaiki coil sepeda motor anda yang sedang mengalami kerusakan.