Minggu, 03 Juli 2016

Cara Memperbaiki Kopling Sepeda Motor Yang Selip

Cara Memperbaiki Kopling Sepeda Motor Yang Selip - Kopling pada motor berfungsi sebagai pemisah dan penyambung antara mesin dengan transmisi yang bekerja saat pemindahan gigi. Saat kopling selip pasti rasa nyaman saat berkendara menjadi berkurang. Salah satu efek yang ditimbulkan karena kopling selip adalah kurangnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor. Kopling selip akan mengurangi hentakan karena transfer tenaga dari mesin ke gearbox tidak maksimal. Biasanya ditandai dengan mesin meraung saat tancap gas tapi akselerasi motor lambat. Untuk itu bagi anda para pengguna sepeda motor ada baiknya mengetahui cara memperbaiki kopling sepeda motor yang mengalami selip.


Penyebab Kolping Mengalami Selip

Cara memperbaiki kopling sepeda motor yang selip cukup mudah. Yang terpenting anda memahami dasar dari otomotif, maka kopling selip pun dapat anda atasi sendiri. Kondisi kopling selip pada motor tidak boleh didiamkan terlalu lama. Jika anda diamkan terlalu lama akan mengakibatkan kerusakan pada komponen lain. Ada banyak hal yang menyebabkan kopling motor mengalami selip. Diantaranya adalah kanvas kopling yang mulai menipis, bagian per kopling melemah, dan setelan antara jarak bebas pada tuas kopling terlalu rapat.

Perbaikan Kopling Sepeda Motor

Selain itu kopling selip dapat diakibatkan karena kualitas oli mesin telah buruk. Bisa juga karena mangkok kopling atau plat mengalami aus. Setelah mengetahui beberapa penyebab tersebut, berikut langkah-langkah memperbaiki kopling sepeda motor. Langkah awal untuk perbaikan dimulai dengan mengatur jarak bebas tuas kopling. Selanjutnya, pastikan jika kerusakan memang berasal dari dalam, maka anda dapat melanjutkan dengan membuka bagian blok yang berada pada bagian kanan.

Anda harus berhati-hati pada saat membuka blok sebelah kanan motor. Ingatlah urutan rangkaian tersebut dan perhatikan posisi awal bagian dalam blok kanan. Kemudian cek masing-masing komponen, jika ada bagian yang telah aus segeralah mengganti dengan yang baru. Demikian informasi mengenai cara memperbaiki kopling sepeda motor yang mengalami selip. Cukup mudah bukan? Langkah-langkah tersebut dapat anda praktekkan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bengkel. Memperbaiki kopling sepeda motor dapat anda lakukan di rumah tanpa harus pergi ke bengkel.