Jumat, 29 Juli 2016

Komponen Dan Fungsi Mesin Injeksi Pada Sepeda Motor

Komponen Dan Fungsi Mesin Injeksi Pada Sepeda Motor - Komponen dan fungsi mesin injeksi - dewasa ini kita tentu melihat berbagai iklan yang menyajikan tawaran berbagai produk sepeda motor dengan berbagai kelebihannya. Salah satu kelebihan yang kerap ditawarkan oleh perusahaan sepeda motor adalah penggunaan mesin injeksi. Penggunaan mesin injeksi ini bertujuan untuk menyempurnakan pembakaran sehingga bahan bakar yang digunakan akan lebih irit. Mesin injeksi ni sudah mengalami pembakaran yang sempurna karena sudah menggunakan elektronik yang dihubungkan melalui sensor-sensor yang sudah disetel dengan pabrik sehingga anda tidak perlu repot untuk memasangkannya sendiri. namun sebelum lebih jauh membahas mengenai mesin injeksi, berikut akan kami uraikan terlebih dahulu mengenai komponen dan juga fungsi dari mesin injeksi itu sendiri untuk motor.

Komponen Dan Fungsi Mesin Injeksi Pada Sepeda Motor

Komponen-komponen mesin injeksi dan fungsinya

Komponen dan fungsi mesin injeksi terdiri dari beberapa komponen yang meliputi eletronic control modul yang berguna untuk menerima sinyal dari berbagai sensor. Selanjutnya adalah intake air temperature sensor yang memiliki fungsi mendeteksi suhu udara yang nantinya akan masuk ke dalam intake manifold. Dalam hal ini jumlah bahan bakar yang akan masuk kedalam injector juga dipengaruhi oleh suhu udara yang akan masuk ke dalam intake manifold.

Komponen dan fungsi mesin injeksi selanjutnya adalah trottle position sensor. Komponen ini memiliki fungsi untuk mendeteksi derajat pada suhu . komponen ini sering disebut sebagai skep gas yang juga berpengaruh terhadap beban maksimum pada bahan bakar. Kemudian komponen lainnya ialah manifold absolute presure. Komponen ini bertujuan untuk mendeteksi kevakuman yang kerap terjadi pada bagian intake. Namun selain komponen tersebut, masih ada lagi komponen lainnya seperti bank angle sensor. Komponen seperti ini memiliki tujuan untuk mematikan mesin motor anda pada saat motor anda berada pada sudut kemiringan lebih dari 55,5 derajat. Sensor ini memiliki fungsi agar anda tidak mudah terjatuh dari motor.


Komponen dan fungsi mesin injeksi selanjutnya adalah engine oil temperature. Komponen ini memiliki fungsi untuk mendeteksi oli yang panas didalam mesin motor anda. selanjutnya adalah injector. Injector memiliki fungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang silinder msin motor anda. dan yang terakhir adalah pompa mesin. Komonen ini berfungsi sebagai pompa atau mengalirkan bahan bakar ke tangki motor anda. Bagi anda yang memiliki sebuah motor, tidak ada salahnya jika anda sedikit mengenal komponen-komponen yang ada di dalam sebuah sepeda motor.