Senin, 01 Agustus 2016

Cara Mudah Memperbaiki Rem Cakram Yang Macet

Cara Mudah Memperbaiki Rem Cakram Yang Macet - Rem cakram motor macet - sebuah rem merupakan salah satu alat yang paling penting dalam berkendara. Rem menjadi satu-satunya alat agar kita dapat mengatur laju motor kita dan berhenti pada saat berada di lampu merah. Bagi anda yang sering berkendara, pastikan rem yang anda gunakan bisa digunakan atau berfungsi agar anda dalam berkendara selalu merasa aman dan juga nyaman. Namun, tidak jarang juga banyak yang tidak mengecek remnya sehingga saat akan mengerem barulah menyedari jika rem anda macet. Nah, berikut akan kami bahas mengenai cara memperbaiki kembali rem cakram.

Memperbaiki Rem Cakram Yang Macet

Cara aman dan mudah perbaiki rem cakram

Pertama yang perlu anda lakukan untuk mengatasi Rem cakram motor macet adalah dengan tidak menggunakannya terlebih dahulu. Selanjutnya, standarkan motor anda dengan menggunakan standar tengah. Selanjutnya lepaslah roda pada bagian depan dan lepaslah baut yang mengikat roda depan pada motor anda hingga benar-benar terlepas. Setelah benar-benar terlepas, maka lepaskan juga kapiler dari dudukan yang ada pada bagian shockbeker.selanjutnya anda dapat melepas dengan pelan selang rem yang ada pada capiler dan keluarkanlah minyak rem tersebut. Usahakan tangan anda tidak terkena minyak oli agar tidak terasa gatal dan jangan sampai terkena pada bodi motor anda agar tidak cepat rusak.

Setelah oli anda sudah keluar semua, untuk mengatasi Rem cakram motor macet selanjutnya adalah dengan membersihkan piston yang ada. Bersihkan piston rem dari berbagai kotoran yang ada ataupun dari karat yang menempel pada bagian piston. Periksa dan teliti apakah terdapat komponen yang rusak atau tidak. Jika tidak ada yang rusak, maka selanjutnya ganti piston baru agar rem tidak bocor hal ini perlu anda lakukan jika piston rem sudah terlalu dalam. Namun jika tidak maka anda cukup membersihkannya saja. Selanjutnya adalah membersihkan silinder rem anda dari berbagai kotoran dan karat hingga bersih.

Jika rem sudah bersih dan sudah terisi kembali dengan minyak rem, saatnya anda memasang kembali piston yang tadi sudah anda bersihkan. Dan untuk mengecek maka anda dapat melakukan pengecekan di jalan. Demikian cara memperbaiki Rem cakram motor macet anda dengan mudah dan cepat.

Jika anda memiliki sepeda motor yang kerap mengalami rem macet, maka anda dapat mencoba membuka dan membersihkan kotoran yang ada lalu mengisinya kembali dengan minyak oli.